10/06/2018

3 Cara Screenshot di Laptop atau Merekam Layar Komputer Tanpa Software Khusus

Banyak perangkat lunak yang bisa merekam atau Screenshot layar komputer/ laptop. Bagi beberapa orang, perangkat lunak pihak ketiga (3rd party software) mempunyai fungsi untuk merekam/screenshot layar komputer. Namun, tak semua komputer bisa melakukan Screenshot di Laptop atau Merekam Layar Komputer Tanpa Software Khusus


Anda harus men-download, lalu menginstal perangkat lunak untuk merekam layar yang memakan banyak waktu. Ini tak jadi masalah, untuk komputer yang terhubung ke jaringan Internet dan Anda mempunyai banyak waktu untuk men-download dan menginstalnya terlebih dahulu.

Jika Anda sedang terburu-buru dan komputer tak terhubung ke Internet. (untuk men-download perangkat lunak), apa yang Anda lakukan untuk merekam layar komputer? Tahukah Anda jika sistem operasi Windows sudah dibekali dengan tools lengkap untuk berbagai keperluan termasuk perekaman layar. Anda tak perlu bingung, simak pembahasan mengenai cara merekam layar komputer tanpa software pihak ketiga ini.

Cara Screenshot di Laptop atau Merekam Layar Komputer Tanpa Software Khusus
  • 1. Menggunakan tombol PrtScr pada keyboard
Cara merekam layar komputer tanpa software pihak ketiga yang pertama yakni menggunakan fungsi tombol PrtScr. Mungkin Anda sudah tahu jika secara default hampir semua sistem operasi komputer mendukung cuplikan layar memakai tombol PrtScr. Akan tetapi, cara ini lebih cocok di sebut screen capture dibandingkan screen recording, meskipun secara prinsip kedua teknik tersebut memakai metode yang sama.

Tombol PrtScr atau pada beberapa keyboard berlabel ‘PrtSc’, ‘PrtScn’, ‘PrtScrn’, atau ‘Print Screen’, merupakan tombol Print Screen yang sesuai namanya dan berfungsi untuk mencuplik tampilan layar pada komputer dengan sistem operasi Windows hasil cuplikan yang langsung berada pada clipboard. Dengan begitu, Anda harus mem-paste-nya ke perangkat lunak lain seperti Microsoft Office Word, Microsoft WordPad, Microsoft Paint, CorelDRAW, Photoshop, dan masih banyak lagi.

Di sistem operasi Linux terlebih distro Ubuntu (atau yang berbasis Ubuntu), Anda bisa langsung menyimpan hasil cuplikan ke dalam sebuah file gambar tanpa memakai perangkat lunak pihak ketiga. “Ingat jika tombol ‘PrtScr’ hadir dalam berbagai label (‘PrtSc’, ‘PrtScn’, ‘PrtScrn’, dan sejenisnya) namun tombol ‘PrtScr’ biasanya berada di samping tombol ‘Delete’ (pada laptop) dan tombol ‘Scroll Lock’ (pada keyboard eksternal).”

  • 2. Menggunakan perangkat lunak built-in ‘Snipping Tool’
Cara merekam layar komputer tanpa software pihak ketiga selanjutnya yakni dengan memakai Snipping Tool, windows 8/8.1, sistem operasi Windows 7, dan Windows 10 secara default sudah di lengkapi dengan Snipping Tool. Anda dapat menemukannya di Start menu -> Accessories (atau Windows Accessories) atau mencarinya dengan kata kunci ‘snipping tool’ atau hanya ‘snip’ saja pada kolom pencarian di Start menu.

Snipping tool adalah perangkat lunak built-in Windows (tertanam dalam sistem operasi Windows) yang berfungsi untuk mencuplik layar secara leluasa. Anda bisa memakai fitur ‘Rectangular Snip’ untuk mencuplik layar pada objek seleksi persegi (atau persegi panjang).‘Window Snip’ untuk mencuplik layar pada objek seleksi berupa window (jendela) yang Anda tentukan, ‘Full-screen Snip’ untuk mencuplik layar penuh termasuk taskbar, bahkan untuk menyeleksi agar lebih leluasa dengan ‘Free-form Snip’ yang mengizinkan Anda untuk mencuplik layar dengan bentuk seleksi yang bisa disesuaikan.

“Pada sistem operasi Windows 10 versi 1607 ke atas, fitur ‘Delay’ di tambahkan dalam Snipping Tool. Anda bisa mengatur jeda antara klik tombol ‘New’ dengan penculikan mulai dari 0 detik sampai 5 detik, sangat berguna jika Anda ingin mencuplik menu klik – kanan dan lain sebagainya.”

  • 3. Menggunakan perangkat lunak built-in ‘Microsoft Steps Recorder’

Steps Recorder termasuk perangkat lunak built-in Windows (tertanam dalam sistem operasi Windows) yang berfungsi untuk merekam aktivitas layar. Steps Recorder memang sangat sederhana terutama dari segi interface, akan tetapi di balik segala kesederhanaannya Steps Recorder mempunyai fitur yang menarik di antaranya ‘keylogger’ tool.

Tampaknya nama keylogger cukup di kenal dengan reputasi ‘buruk’, mengingat banyaknya perangkat ‘hacking’ (bagian dari sekian banyak macam-macam Cyber Crime) yang memakai keylogger untuk memperoleh informasi tertentu (umumnya informasi akun berupa username atau password suatu situs web) dengan merekam aktivitas keyboard yang dipakai oleh ‘korban’.

Baca Juga:
Waspada! Penipuan Sms Undian - Pelanggaran Tentang UU ITE

Itulah beberapa Cara Screenshot di Laptop atau Merekam Layar Komputer Tanpa Software Khusus. Like dan Share yaa Semoga bermanfaat.