10/01/2018

Mengenal 8 Jenis Sistem Operasi Komputer Selain Windows

Artikel kali ini adalah materi Sistem Operasi Komputer. Setiap komputer harus mempunyai sistem operasi komputer yang berfungsi untuk menjalankan dan mengoperasikannya. Komputer tanpa Sistem Operasi bagaikan kendaraan tanpa roda, tak akan bisa berjalan sama sekali.



Secara umum Sistem Operasi dapat dikatakan sebagai software utama atau ‘lapisan pertama’ yang dialokasikan pada memori ketika komputer dinyalakan. Sedangkan software lainnya dijalankan menyusul sesudah Sistem Operasi itu berjalan.

Sistem operasi komputer mengerjakan banyak tugas dengan bantuan sebuah kode yang melakukan beberapa tugas inti dan umum pada komputer. Kode itu dinamakan Kernel. Terlepas dari itu, mungkin beberapa orang awam hanya mengetahui Windows sebagai Sistem Operasi dalam komputer yang populer dan sering digunakan. Padahal masih banyak Jenis Sistem Operasi untuk komputer selain Windows yang juga digunakan di dunia. Apa saja itu? Berikut ulasannya macam-macam jenis Sistem Operasi.

8 Jenis Sistem Operasi Komputer Selain Windows 

image:wikipedia

1. UNIX

UNIX merupakan Sistem Operasi komputer yang diciptakan oleh dua inovatif yakni Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Sistem Operasi ini kemudian dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Labs. Kelebihan sistem operasi ini sendiri yaitu didesain dengan minimalis sebagai Sistem Operasi portabel, multi-tasking dan multi-user.

Bahkan UNIX pun didesain agar bisa menekankan diri pada Server dan Workstation. Kelebihan lainnya, UNIX bisa dimodifikasi oleh pengguna sendiri dengan sedemikian rupa, bahkan bisa disalin. Oleh karena itu, banyak pengguna yang mencoba mengembangkan Sistem Operasi ini.
image:wikipedia

2. IBM OS/2
IBM OS/2 adalah Sistem Operasi hasil kolaborasi yang dibuat oleh dua perusahaan teknologi ternama yaitu Microsoft Corporation dan International Business Machine Corporation (IBM), yang digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.

Selain itu, IBM OS/2 pun didesain agar bisa memakai kemampuan penuh dari Mikroprosesor Intel 80286, termasuk mode pengamanan dan bisa menjalankan berbagai simultan dan mendukung memori virtual.

image:wikipedia

3. FreeBSD
FreeBSD salah satu Sistem Operasi resmi hasil turunan dari UNIX, dengan tipe UNIX bebas. Sistem ini muncul pada tahun 1993, yang saat itu dikembangkan oleh David Greenman. Sistem Operasi FreeBSD ini dikembangkan dari hasil 386BSD, yakni sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

image:wikipedia


4. Linux
LINUX termasuk Sistem Operasi hasil turunan dan modifikasi dari UNIX. Awalnya, Sistem Operasi LINUX dikembangkan oleh Linus Torvalds yang mulanya hanya sekadar sebuah emulasi terminal, dan hanya dipakai untuk mengakses Server UNIX di Universitasnya.

Selain hasil modifikasi dari UNIX, LINUX pun memakai kernel berbasis Monolitik, yakni Kernel Linux yang bisa menangani kontrol prosesor, jaringan, pengaksesan sistem berkas, dan lain sebagainya. Salah satu kelebihan LINUX yang menjadi perbedaan dengan Sistem Operasi lainnya yakni kebal terhadap Malware. Bahkan beberapa LINUX disediakan secara gratis, meskipun ada yang berbayar.

Baca Juga:
Macam Jenis Jaringan Komputer Dan Kekurangan Kelebihan Jaringan Komputer
Belajar PHP MYSQL Tahap 1
image:wikipedia

5. Mac Os
Sistem Operasi satu ini dibuat oleh Apple Computer untuk komputer Macintosh. Sistem Operasi ini tak bisa digunakan di komputer berbasis IBM, dalam artian tak kompatibel. Hebatnya, MAC OS adalah Sistem Operasi pertama yang memakai sistem antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

image:wikipedia

6. Open Solaris
Open Solaris disebut sebagai salah satu hasil turunan dari Sistem Operasi UNIX. Yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992 silam, yang dibuat sebagai pendukung SunOS. Sistem Operasi ini terkenal karena kestabilannya. Terutama pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture) yang ada di Open Solaris. Selain itu, sistem ini dikenal sebagai sistem Open Source versi Sun Solaris.

image:wikipedia

7. BeOS
BeOS merupakan satu-satunya Sistem Operasi yang bisa mengalahkan Mac OS dan Windows. BeOS pun satu-satunya Sistem Operasi yang berani bersaing dengan Apple dan Microsoft secara langsung. Selain itu, Be, Inc pun termasuk perusahaan terakhir yang ditakuti oleh Apple dan Microsoft. Selain itu, Sistem Operasi ini mempunyai kemampuan multiprocessing dan multitasking, dan shell berupa command line interface yang bisa berjalan tanpa dukungan grafis.

image:wikipedia

8. Chrome Os
Chrome Os dibuat dan dikembangkan oleh Google sebagai dasar Sistem operasi komputer yang ringan dan berbasis LINUX. Sistem Operasi ini bekerja dengan metode Windowing atau Switching (Multi-Tasking). Jika dilihat sekilas, rasanya sistem ini sangat mirip dengan Sistem Operasi yang menggabungkan LINUX dan Windows Vista.

Itu tadi informasi tentang Mengenal 8 Jenis Sistem Operasi Komputer Selain Windows yang juga banyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan komen yaaa

Baca Juga :
Pengertian Teknologi Informasi Dan Contoh Teknologi Informasi
Aplikasi dan Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )